::: Sorry the writing on this blog should not be in the Copy :::::: Sorry the writing on this blog should not be in the Copy :::
Image and video hosting by TinyPic

Rabu, 16 Juni 2010

Penyebab Menggunaakan Narkoba

Apa yang menyebabkan ketergantungan Narkoba ?

* Ketergantungan didefinisikan sebagai kambuhnya suatu sifat keinginan melakukan sesuatu yang dapat membuat otak menjadi tenang kembali. Dicirikan oleh perilaku yang gelisah dan berkeringat dingin, dengan berbagai cara si penderita ketergantungan akan melakukan apapun untuk menenangkan otak kembali. Hal ini dianggap sebagai obat penyakit otak karena mengubah mengubah struktur dan cara kerja otak. Perubahan-perubahan yang dilakukan oleh obat narkoba dapat mengarah pada perilaku berbahaya, terlihat pada perilaku orang yang mengkonsumsi obat narkoba.

Mengapa orang menggunakkan obat narkoba ?

Secara umum, orang mulai menggunakan obat-obatan untuk berbagai alasan :

* Untuk merasa lebih kuat. Kebanyakan obat kuat disalahgunakan menghasilkan perasaan senang. Ini sensasi euforia awal diikuti oleh efek lain, yang berbeda dengan jenis obat yang digunakan. Misalnya, dengan obat perangsang seperti kokain, yang "tinggi" ini diikuti oleh perasaan kekuasaan, kepercayaan diri, dan meningkatkan energi. Sebaliknya, euforia yang ditimbulkan oleh opiat seperti heroin diikuti dengan perasaan relaksasi dan kepuasan.
* Untuk merasa tenang. Beberapa orang yang menderita dari kecemasan sosial, gangguan yang terkait dengan stres, dan depresi mulai menyalahgunakan obat dalam upaya untuk mengurangi perasaan tertekan. Stres dapat memainkan peran penting dalam awal penggunaan narkoba, terus penyalahgunaan obat, atau kambuh pada pasien pulih dari kecanduan.
* Rasa ingin tahu dan "karena orang lain melakukannya." Dalam hal ini remaja sangat rentan karena pengaruh kuat dari tekanan teman sebaya, mereka lebih mungkin, misalnya, untuk terlibat dalam "pergaulan" dan "berani" perilaku.

Selain itu ada faktornya yang menyebabkan sampai terjadinya diatas, adalah yang berada dekat dengan kita, yaitu :


1. Sisi Pengetahuan
Tidak adanya pendidikan atau penetahuan yang ditanamakan sejak dini tentang apa itu narkoba dan bahayanya, serta bagaimana cara memeranginya.
Seharusnya pendidikan tentang narkoba itu dimulai sejak masa anak-anak, kalau perlu daiadakan mata pelajaran tentang narkoba di sekolahan, sebelum mereka terjebak dilingkungan yang membahayakan.


2. Sisi Sosial Keluarga
Hubungan yang kurang harmonis antara anak dan orang tua menyebabkan anak mencari pelarian dan pergaulan dengan orang-orang yang tidak baik. Bila dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dengan perhatian penuh dari orangtua, anak yang kurang mendapatkan perhatian memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mencoba atau menyalahgunakkan narkoba.


3. Sisi Pergaulan ( teman bermain )
Penyebab utama dilingkungan pergaulan yang biasanya terjadi pada penggunaan narkoba adalah :
h Penggunaan untuk sekedar iseng dan mencari kesenangan
h Supaya diterima dilingkungan tempat bermain atau teman beramain
h Coba-coba sekedar ingin tahu rasanya dan beranggapan bahwa mencoba sekali tidak akan ketagihan ( kurang percaya diri )
h Melarikan diri dari kenyataan hidup yang pahit atau trauma masa lalu ( putus cinta, hubungan anak dan orang tua yang tidak harmonis ).

Daftar Pustaka : 

http://www.drugabuse.gov/scienceofaddiction/

Buku Kesehatan dan Olah Raga SMA N 1Kendal
Dari : Rayen-Yazazhii

Thank You Myspace Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar